Mencharge Baterai Ponsel dengan Sentuhan Tangan

[imagetag] http://i3.okezone.com/content/2012/02/25/56/582305/qCSsb5uwgc.jpg

Seringkali kita merasa kesal ketika ponsel kita kehabisan baterai saat melakukan perjalanan panjang. Namun hal ini nampaknya segera menjadi masa lalu, karena para ilmuwan sementara mengembakan sejenis baterai yang dapat di charge hanya dengan sentuhan tangan.

Para ahli dari Pusat Nanoteknologi dan Material Molekuler di Wake Forest University, mengklaim bahwa teknologi baru yang diberi nama Power Felt ini mampu menghasilkan listrik dari panas tubuh manusia, sehingga anda dapat mengisi ulang baterai anda kapan dan dimana saja.
Terbuat dari carbon nanotube, Power Felt ini 'terkunci' dalam serat plastik yang fleksibel, dimana teknologi tersebut menciptakan energi listrik dengan memanfaatkan perbedaan suhu tubuh dan suhu ruangan.

"Kita telah menyia-nyiakan energi dalam bentuk panas begitu banyak, menyerap kembali energi yang dikeluarkan oleh mobil dapat lebih mengefektifkan penggunaan bahan bakar kendaraan, karena tenaga yang diserap itu dapat digunakan untuk menyalakan sistim pendingin udara, radio atau sistim navigasi," jelas salah satu peneliti, Corey Hewitt.


Selain itu, para ilmuwan menyatakan bahwa teknologi ini dapat diterapkan dalam begitu banyak hal, namun karena biayanya yang mahal menghalangi teknologi ini digunakan secara luas.


Diketahui, perangkat standar dari termoelektrik yang menggunakan senyawa bismuth telluride yang lebih efisien dalam mengubah energi panas menjadi listrik berharga 1000 dolar (Rp 9 juta) untuk setiap kilogramnya.

[imagetag] http://img.scoop.it/RK9dW_fyVVfiIYYf8CDKmjl72eJkfbmt4t8yenImKBVaiQDB_Rd1H6kmuBWtceBJ

[imagetag] http://www.ecouterre.com/wp-content/uploads/2012/02/power-felt-wake-university-2-537x402.jpg


ZEE 26 Feb, 2012

0 komentar on Mencharge Baterai Ponsel dengan Sentuhan Tangan :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif