Ingin Tahu Alasan Sering Gagal Kenali Wajah Orang?

[imagetag] Headline

Apa Anda termasuk mudah mengenali wajah semua orang yang Anda temui? Ataukah Anda kesulitan mengelai wajah orang yang bahkan dekat dengan Anda?

Menusia sejak lama diketahui handal dalam mengenali wajah. Namun, baru-baru ini, peneliti mulai meragukan kemampuan manusia dalam mengolah informasi untuk mengenali orang seperti dikutip Thaindian.

Hasil riset terbaru Malaysia Campus dari University of Nottingham menunjukkan, saat mengenali orang, orang Malaysia-China mengadaptasi teknik pengenalan wajah untuk mengatasi hidup di lingkungan yang beraneka ragam budaya.

[imagetag] http://cache.gawkerassets.com/assets/images/lifehacker/2011/03/faces-flickr-zohar-manor-abel.jpg

Chrystalle Tan dari Nottingham-Malaysia mengatakan, "Pandangan tradisional ini membuat orang mengenali wajah dari saling tatap mata, kemudian mulut. Di sisi lain, orang barat cenderung mempelajari tiap bagian wajah orang lain dan ini bisa menjadi strategi jitu mengenali orang di lingkungan majemuk".

Kemampuan mengenali wajah yang berbeda memiliki keuntungan sosial dan evolusioner. Wajah manusia memberi informasi vital mengenai identitas seseorang dan karakteristikanya, seperti jenis kelamin, usia, kesehatan dan daya tarik.


[imagetag] http://www.graceblogger.com/wp-content/uploads/2011/09/faces.jpg

ZEE 22 Mar, 2012

0 komentar on Ingin Tahu Alasan Sering Gagal Kenali Wajah Orang? :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif