[Bahaya Nyupir Sambil Mabok] Drunk, Driving, en Fly Driving, Pengakuan eks Junkie!


[imagetag] http://us.images.detik.com/content/2012/01/26/10/xenia-3-(trans-7)-luar.JPG
Brayski, sobi and sista, kali ini gue dirudung duka.

Duka yang dalem, atas meninggalnya 10 orang ( termasuk bayi yang di kandungan ibunya) gara gara ulah geblek satu en beberapa geng die laennya. Emang, kalo' kite kembaliin, ajal itu ditangan Tuhan. Uda' mutlak, ga' ada tawar menawarnya. Tapi kejadian ini, murni keteledoran ato kebodohan sseorang yang ga' ssue akibatnya. Orang laen yang bener bener keilangan.

[imagetag] http://rujakmanis.com/gallery2/d/16860-1/Asyikkk___Baim+Nyetir+Mobil+Beneran.jpg

Buat yang enggak ngerti, gue akan bikin pengakuan, seperti apa sih benernya orang kalo lagi giting, tinggi, mabok, kobam, gits dan istilah laennya kalo pas bawa mobil. Ga' sombong dan sebenernye justru gue malu, gue uda nyoba hampir semuanya. Ya, gue emang mantan junkie, alias pemadat alias pecandu. Dan gue akan coba ngebahas 'sisi laen' dari tragedi ini dari yang gue tau. Lagi lagi, ini sekedar sharing, yang ada hubungannye dengan nyetir :

1. Ganja/Gele/Nyimeng/Rakab/Baks/Dadut/Cumi : Mata elo berat, badan rada lemes ( tergantung kondisi orang), reflek elo berkurang. Positifnye, elo kagak agresif bawaannya, en cenderung rada tenang tapi halusinasi dikit. Ada yang bawaannya parno, jadi elo gak bakalan kenceng bawa mobil/motornya.Negatifnya, elo sangad bloon en yang jelas banyak kikuknye ngebawa mobil/motor. Termasuk yang sejenis die : hashish, buddha stick dan skunk.

2. Alkohol : Termasuk sangad bahaya buat bawa mobil. Elo agresif, jadi berani ngambil yang tipis tipis, jelas pandangan elo ga' bagus bagus amad ( tergantung berapa banyak elo mokinnye), tapi elo pede bin songong. Ngerasanya elo paling bisa aja bawa mobil/motor. Salib sana sini, srudak sruduk, en yang jelas pasti kaki elo berat di pedal gas, alias ngebut. BAHAYA. Dibeberapa kasus yang gue tau, si driver sampe' merem dan die ga' nyadar akan itu !

3. Heroin/ Putaw : Jujur aja, gue jarang ngeliat orang yang abis wakap, nyipek ( nyuntik) ato ngedrag (pake gulungan kertas ame foil; dibakar) heroin ato putaw jalan jalan, apalagi bawa mobil. Yang lagi wakas sekalipun biasanya 'cuman' make' sebates ngilangin rasa sakit doang, abis itu jalan balik ke tempat dimana dia biasa wakap atau make dan teler seteler telernya disana. Mereka kaga' doyan jalan jalan. Reaksi pas nyetir/bawa motor ? Badan kerasa lemes, tenang tapi bawaannya males. Yang bahayanya lagi, elo biasanya kagak ada konsentrasinya. Bisa dibilang reflek elo hampir nol. Bener bener fly. Mata udah ga' bisa dibawa melek, itu yang bahaya.

4. Sabu /krack/Cocain : Yang ini sebenernya gak terlalu bahaya pas bawa mobil. Kecuali elo bener bener kena rabang yang emang gila. Ya, ada yang seperti itu, bikin kepala elo berat dan kenceng banget. Tapi, yang biasa, elo biasanya sih bekeringet dingin, muke udah kenceng, mata udah kaya lampu jauh alias melotot. Dan yang jelas jantung elo degdegan kenceng. Bawaan lagi nyetir : Konsen, tapi kadang halusinasi. Fisik elo seger, dan menurut pengalaman emang enak dibuat nyetir. Ga' ada capeknya, sebatas elo make' diranah yang wajar. JELEKNYA? Ada pasti. Pengalaman ngubas / nyabu biasanya suka kurang tidur. Badan elo ngerasa seger, padahal sebenernye itu doping. Fisik asli elo udah keok lama sebenernye. Nah, disini otak elo nipu. Badan yang uda ga' fit diperintah supaya tetep seger. Buat yang udah berhari hari nyabu +ga' tidur, biasanya elo akan ngerasain gejala skip, atau mendadak elo 'ilang'. Ga nyadar beberapa menit. Ini yang amad sangad bahaya !

[imagetag] http://syntaxerror.web.id/wp-content/uploads/2011/08/teknik-menyetir-mobil.jpg

5. Boat/Obat/Pil/Obat Daftar G : Macem Dumolit, Rohypnol, Somadril, Lexotan ato yang laen : Sedikit, bikin elo tenang. Banyak, bikin elo ngeblank alias ga' inget apa apa. Asli, gue pernah nyetir Jakarta-Bandung dan gue sama sekali ga' inget kalo gue nyetir. Gue ga' bisa cerita banyak tentang ini, karena gue bener bener ga' inget. Kesimpulan : Kalo elo ga' bisa inget apa yang uda elo perbuat, gimana deh elo tarik kesimpulan sendiri !

6. Inek/Ekstasi/X/Pil Gedhek/ Happy 5 : Yang ini emang ga' gue kategoriin jadi satu ama sabu. Karena emang efek mereka beda. Yang belom tau ato belum nyoba pasti mikirnye yang satu ini dengan sabu efeknya sama. Ga' juga. Inek emang pil setan yang bisa bikin elo ngerasa bener bener happy. Bener bener enak. Tapi tunggu dulu, bawaan elo di tempat yang banyak musik n di mobil/motor jelas sangad beda ! Halusinasi, nafas +jantung elo ga' kekontrol. Agresif total bin ngawur, itu bawaan elo kalo nyetir. Mata bawaannya mo merem terus, kalo kaga' merem elo yakin pasti burem. Reflek elo sama sekali ga' jalan. Parahnya lagi, kalo' elo uda sampe halusinasi, bahkan paranoid. Disini elo bener bener kaya' orang gila, karena apa yang elo liat asli ga' sama dengan kenyataannya. Buat gue, dan beberapa rekan gue di jaman jahiliyah dulu, Inek justru yang paling bahaya buat bawa mobil !

Brayski, sobi and sista. Gue bukan manfaatin momen tragedi ini buat narsis, yang justru ngebongkar borok gue sendiri. Gue sharing, apa yang gue tau dengan harapan elo JANGAN pada masuk ke area gelap itu. Buat yang masih pada make' dan kebetulan baca, gue kasih satu kunci, sekedar yang gue tau : Jangan pada belagak ngerti ato songong bahwa elo masih bisa bawa mobil dan yang laennya. Tinggalin mobil, dan lebih penting lagi, tinggalin narkoba.

Gak ada itu namanya sakaw, wakas atau sakit gara gara nyandu.


Elo berani ngerasain enaknya, ya elo juga yang kudu berani ngerasain sakitnya. Alhamdulillah, gue bisa lepas, dan gue mo' ngajakin elo elo pade yang masih bekutat di rabang begituan : Tinggalin. Apabila elo masih make' dan belom bisa ninggalin, gue cuman pesen satu sama elo : hargai nyawa orang laen. Bukan , bukan elo-nya yang kudu dihargain ato' diperhatiin, karena elo bertanggung jawab atas diri elo sendiri. Dan juga diri orang laen.


Masih mending kalo elo sendiri yang mokat, karena emang elo yang kudu bertanggung jawab atas diri elo sendiri, dan perbuatan elo. Walaupun, dibalik itu tetep aja ada sodara, temen, dan keluarga yang uda pasti nangisin elo . Elo, gue sih enak kalo tinggal mati. Nah yang ditinggal? Tinggalin sikap egois elo,bray. Masih lebih mending lagi kalo' elo, gue masuk penjara. Mudah mudahan keluar jadi pada kapok.


Hari Minggu kemaren, 22 Januari 2012 , kita berkabung. Sepuluh orang meninggal gara gara ulah kita. Berkabung, karena orang macem gue, elo dan yang laen di luaran sana masih pada berani maenin nyawa elo sendiri, dan yang jelas juga nyawa orang laen. Cukup ini jadi peringatan, diluar ribuan peringatan laen diluaran sana yang udah banyak contoh kasusnya. Cukup.


Janji sama diri elo sendiri, brayski, sobi dan sista, bahwa kita akan bawa Indonesia ke tempat yang lebih baek. Isi ama kegiatan yang bener. Dan ini bukan berlaku buat yang muda aja. Banyak kasus, terutama sabu, minum dan inek yang gue temuin justru dari orang orang yang usianya udah mapan ! Badungnya telat, masih banyak juga disini. Cukup, buat narkoba. Dan buat elo yang lagi pade getol getolnya promosiin manfaat ganja, ato ngerasa bahwa narkoba itu ga' ada bahayanya, gue pengen tau. Berani ga' elo pada datengin keluarga korban satu satu, dan coba jelasin manfaat ganja ke mereka. Gue pengen liat apa keyakinan elo disini.


Sekali lagi, dari hati gue yang paling dalem, gue minta maaf dan sangad menyesal uda pernah jadi bagian dari keidupan itu. Semoga para pelaku dihukum dengan hukuman yang seberat beratnya. Karena sebenernya mereka sadar uda' melakukan hal itu semua.


Dan yang terpenting, bela sungkawa dan duka gue sedalem dalemnya untuk para korban kecelakaan Tugu Tani, dan semoga keluarga yang ditinggalin diberi kekuatan iman. Amien Ya Robbal Alamien.


Semoga Tragedi 22 Januari 2012 ini menjadi refleksi buat kita semua……



gogoklik 20 Apr, 2012

0 komentar on [Bahaya Nyupir Sambil Mabok] Drunk, Driving, en Fly Driving, Pengakuan eks Junkie! :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif