Foto Terbesar di Dunia

[imagetag]

Inilah foto berukuran terbesar di dunia. Pemandangan kota Shanghai, Cina, ini memiliki 272 gigapixel. Foto ini dipotret menggunakan kamera Canon 7D seharga 1.000 poundsterling.

Foto tersebut mengalahkan rekor gambar Budapest yang memiliki 70 gigapixel, pemandangan London (80 gigapixel), gambar Dresden (26 gigapixel), dan keindahan Milky Way 8 gigapixel. Sebagai perbanding, hasil foto kamera digital hanya dalam kisaran 2 hingga 20 megapixel.

Tidak hanya besar. Foto ini memenangkan kompetisi foto digital terbesar di dunia dengan hasil yang sangat detail.

Foto Shanghai ini bukan diambil dalam sekali menekan tombol rana. Ini hasil gabungan 12 ribu foto dijahit menjadi satu.

Seberapa besar gambar 272 gigapixel? Jika 1 gigapixel sama dengan 1.000 megapixel, maka ada 1 miliar pixel. Gambar sebesar ini bisa menutup 7.000 papan iklan di sebuah Billboard.

Fotografer, Alfred Zhao, memotret dari atap gedung Shanghai menggunakan kamera Canon 7D. Zhao memanfaatkan penyangga kamera robotik GigaPan EPIC Pro.

"Saya tidak menyangka persaingan seketat ini. Foto ini bukan akhir dari perjalanan saya memotret panorama. Ini justru awal baru. Menantang batas menjadi proses yang tidak terbatas. Catatan baru akan diukir pada masa depan. Hanya masalah waktu saja," urai Zhao seperti dilansir dari laman Huffingtonpost.co.uk.

a5tut1 09 May, 2012

0 komentar on Foto Terbesar di Dunia :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif