Ini 25 Pebisnis Asia Paling 'Hot'

[imagetag]


Majalah Fortune (Fortune Magazine) merilis 25 pebisnis paling 'hot' di kawasan Asia. Apa maksud dari 'hot' tersebut?

Saat ini orang yang termasuk pemberani dalam mengambil sebuah risiko berbisnis cukup banyak. Orang-orang tersebut sebagian juga masuk dalam jajaran pemimpin sebuah perusahaan yang 'unik' dimana Fortune menempatkan dalam kriteria 'hot' tersebut. Asia sendiri menghasilkan banyak orang-orang tersebut.

Dalam publikasinya yang dikutip dari CNN, Selasa (8/5/2012) Fortune membuat peringkat orang-orang tersebut dalam 'Asia's 25 hottest people in business'.

Sebut saja Jennifer Li yang merupakan 'Sheryl Sandberg of China' dimana Ia membuat mesin pencari Baidu. Kemudian, seorang pemuda yang menemukan Flipkart perusahaan atau retailer besar asal India.

Lalu siapa sajakah yang masuk dalam jajaran tersebut? Adakah orang asal Indonesia?

Berikut 'Asia's 25 hottest people in business' :

1. Qiangdong 'Richard' Liu (China)
Liu merupakan CEO sekaligus pendiri situs belanja 360buy.com. Apa impiannya? Ia bermimpi bisa mengembangkan situs tersebut di China dan mampu menyaingi Amazon.

2. Naveen Jindal (India)
Naveen merupakan Chairman sekaligus Managing Director, Jindal Steel & Power. Pria berumur 42 tahun ini mampu menyulap pabrik besinya menjadi salah satu perusaaan terbesar di Asia dengan penjualan US$ 3 miliar tahun lalu.

3. Jennifer Li (China)
Li , wanita berusia 45 tahun ini berjaya sebagai Chief Financial Officer di situs mesin pencari Baidu. Ia membuat Baidu menjadi mesin pencari (search engine) paling dominan di China.

4. Cyrus P Mistry (India)
Cyrus merupakan pemimpin masa depan perusahaan mobil terbesar di India, Tata Groups. Kini Ia duduk sebagai Deputy Chairman Tata Group.

5. G.S Sareen (Singapura)
Sareen merupakan CEO dan President dari Omni United sebuah perusahaan ban trendi. Omni merupakan IKEA-nya perusahaan bank di Dunia.

6. Hae-Jin Lee (Korea)
Lee merupakan Chairman and Chief Strategy Officer di NHN. Lagi-lagi NHN merupakan sebuah search engine Korea Selatan dengan market share terbesar.

7. Yoshikazu Tanaka (Jepang)
Ia menjadi CEO perusahaannya sendiri yakni GREE yang merupakan perusahan jejaring sosial dan game (permainan). Ia bermimpi bisa menggantikan Nintendo sebagai perusahaan permainan terbesar.

8. Sung-Joo Kim (Korea)
Wanita ini merupakan pemimpin dari Sungjoo Group and MCM Holding. Perusahaan yang memegang lisensi seperti Gucci, YSL, dan Marks & Spencer.

9. Charles Chao (China)
Chao merupakan President dan CEO perusahaan Sina. Salah satu perusahaan portal internet terbesar dan mempunyai jejaring sosial layaknya Twitter yakni Sina Weibo.

10. Sachin Bansal and Binny Bansal (India)
The Bansals adalah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak seperti Amazon. Keduanya mendirikan Flipkart sebuah perusahaan terbesar e-tailer.

11. Olivia Lum (Singapura)
Ia bekerja sebagai pemimpin di perusahaan Hyflux. Sebuah perusahaan yang dibiayainya sendiri dimana berhubungan dengan air.

12. Victor Koo (China)
Koo merupakan Chairman & CEO, Youku. Perusahaan internet atau situs online yang pernah diakses terbanyak setelah Google You Tube.

13. Tony Fernandes (Malaysia)
Siapa yang sekarang tidak mengenal Air Asia. Ya Tony merupakan CEO AirAsia sebuah maskapai terbesar di Asia yang mempunyai konsep 'low budget carrier'.

14. Steve Zhang (Malaysia)
Zhang merupakan Presiden dan CEO, AsiaInfo-Linkage . Dimana merupakan suplier perangkat lunak telepon.

15. Jackie Hsu (Taiwan)
Perusahaan yang dipimpinnya sudah tak asing lagi. Adalah Asus, merupakan pembuat motherboard komputer. Hsu menjabat sebagai General Manager di perusahaan tersebut.

16. Judy Leissner (China)
Ia merupakan mantan bankir dimana sekarang memimpin perusahaannya sendiri Grace Vineyard yang merupakan perusahaan minuman angggur.

17. James Hiroshi Nakagawa (Jepang)
Nakagawa merupakan CEO Mobile Healthcare. Perusahaan yang dipimpinnya bisa membantu pasien sakit melalui telepon.

18. Udhayan Challu and Vishal Dhar (India)
Perusahaan berbasis tekonologi yang didirikan keduanya adalah iYogi. Udhayan sebagai CEO dan Vishal sebagai President dan Marketing iYogi.

19. Cher Wang (Taiwan)
Ponsel HTC! Ya dialah pemimpinnya dimana ponsel ini sudah masuk ke Indonesia juga.

20. Garibaldi Thohir (Indonesia)
Dia lah jagoan asal negara tercinta kita RI. Ia menjadi Presiden Direktur Adaro Energy. Garibaldi membawa Adaro menjadi salah satu dari 5 perusahaan batubara terbesar di dunia.

21. Nisa Godrej (India)
Ia merupakan President, Human capital and Innovation, Godrej Group. Salah satu yayasan edukasi di India.

22. Jungju Kim (Korea)
Kim bekerja sebagai Representative Director, NXC. Sebuah perusahaan game online yang lebih duru berdiri sebelum Zynga.

23. Junko Nakagawa (Jepang)
Nakagawa ditunjuk sebagai Chief Financial Officer Nomura Holdings. Ia wanita pertama yang masuk sejarah karena duduk di Nomura sebagai pemimpin.

24. Raviv Bajaj (India)
Bajaj, ya dari situ kita mengenal perusahaan otomotif asal India. Ia berhasil membuat Bajaj menjadi nomor 3 di dunia dengan penjualan terbesar.

25. Dato' Robin Tan Yeong Ching (Malaysia)
Robin adalah Chairman, CEO dari Berjaya Corporation Berhad. Berjaya merupakan perusahaan retail.

(dru/ang)

UNIC 08 May, 2012

0 komentar on Ini 25 Pebisnis Asia Paling 'Hot' :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif