Dermaga 165 Ton Disapu Tsunami dari Jepang Hingga AS



[imagetag]
Dermaga yang Tersapu Tsunami Jepang 

Sebuah dermaga pelabuhan Jepang yang disapu oleh gelombangtsunami di tahun 2011, sejauh 8.050 kilometer melintasi Pasifik hingga mencapai Pantai Barat Amerika Serikat (AS).


Struktur dermaga itu memiliki panjang 20 meter berat 165 ton, dan terbuat dari bahan beton, besi dan ban karet. Saat terdampar di 
pantai Barat Daya Portland, Oregon, Kamis (7/6/2012), dermaga itu diselimuti oleh rumput laut, dan bunga karang.


Dermaga itu diduga berasal dari Pelabuhan 
Misawa, Jepang, dan terapung-apung di atas laut selama 15 bulan, melintasi Samudera Pasifik, hingga berhasil mendarat di PantaiAgate.


Gempa dan tsunami Jepang, diduga juga menghanyutkan dua dermaga Pelabuhan Misawa lainnya.



Para ilmuwan, telah mematikan dermaga itu tidak membawa radio aktif hasil dari bocornya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima. Namun mereka tidak menutup kemungkinan, organisme yang menyangkut di sektiarnya telah terjangkiti radio aktif. 



Untuk sementara, kepolisian setempat menerjunkan anggotanya untuk menjaga dermaga tersebut, menunggu para penentu kebijakan memutuskan akan diapakan dermaga itu. 



Ilmuwan Jepang memperkirakan sekitar 20 juta ton sampah dihasilkan oleh gempa bumi dan gelombang tsunami yang menerpa Jepang 2011 silam.


Sebagian besar sampah itu tinggal di darat, dengan proporsi yang wajar ditarik ke laut, dan diperkirakan akan tenggelam. Tetapi adalah mungkin satu juta ton puing masihmengapung.
 (bbc)
#65bcdf

0 komentar on Dermaga 165 Ton Disapu Tsunami dari Jepang Hingga AS :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif