Fakta-Fakta Unik Piala Eropa 2012



[imagetag]
FOTO:Jetro Willems (REUTERS)
Jakarta Mulai hari ini16 negara akan mulai menggulirkan Piala Eropa. Selain persiapan tim dan analisa strategi, Euro 2012 menyajikan fakta-fakta menarik yang layak diketahui.


Berikut adalah fakta-fakta merik terkait Piala Eropa 2012:


Irlandia adalah satu-satunya tim yang tidak memanggil pemain yang berasal dari liga lokalnya sendiri. Berkebalikan dari Irlandia, Inggris justru satu-satunya tim yang seluruh skuadnya berasal dari liga domestik.


Hanya Robbie Keane (LA Galaxy, MLS) dan Christian Wilhelmsson (Al-Hilal, Saudi Pro Liga) yang bermain untuk klub diluar Eropa.


Pemain tertua di turnamen ini adalah Kostas Chalkias (Yunani-38 tahun). Yang termuda adalah Jetro Willems (Belanda-18 tahun).


Ada 3 pelatih yang bukan melatih negara asalnya: Fernando Santos [Portugal] melatih Yunani, Dick Advocaat [Belanda] melatih Rusia, Giovanni Trapattoni [Italia] melatih Irlandia.


Dari semua pemain yang akan tampil di Piala Eropa ini, Miroslav Klose (Jerman) adalah pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan raihan 63 gol. Sementara Iker Casillas berhasil mencatatkan diri sebagai pemain yang memiliki caps paling banyak untuk negaranya dibanding pemain lain sebanyak 129 kali.


Peringkat paling buncit FIFA dalam Piala Eropa 2012 ini dipegang oleh Polandia (65). Dan yang teratas adalah Spanyol (1).


Ini adalah pertama kalinya Ukraina ikut serta dalam Piala Eropa.


Slavek dan Slavko adalah nama dari maskot resmi Piala Eropa 2012.


Sebelum Piala Eropa dimulai, Jerman, Italia, dan Inggris mengunjungi kamp konsenstrasi Nazi di Auschwitz, Polandia.


Pelatih Kroasia, Slaven Bilic, akan mengundurkan diri sebagai pelatih tim Kroasia setelah Piala Eropa 2012 selesai dan menjadi pelatih Lokomotiv Moskow.


Morten Olsen telah menjadi pelatih Denmark sejak tahun 2000.


Jika di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ada alat tiup tradisional bernama "Vuvuzela", maka di Piala Eropa 2012 ini Ukraina juga mempunyai alat tiup tradisionalnya yang bernama "Zozulica".


Pelatih tertua adalah pelatih Irlandia, Giovanni Trapattoni, yang berusia 73 tahun. Yang termuda adalah Paulo Bento, pelatih Portugal, 42 tahun.


Markus Rosenberg [Swedia] dan Paul Green [Irlandia] adalah dua pemain yang statusnya saat ini bebas klub atau belum memiliki klub resmi.


Seluruh stadion milik tuan rumah Piala Eropa 2012 disewa oleh UEFA.


Piala Eropa 2012 adalah Piala Eropa terakhir yang diikuti oleh 16 peserta. Mulai Piala Eropa 2016 dimana Prancis menjadi tuan rumah, sebanyak 24 negara akan ikut serta.


Slogan turnamen ini "Creating History Together".


Jika Spanyol menang, mereka akan menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Eropa dua kali berturut-turut.


Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Eropa tuan rumahnya berasal dari Eropa Timur.


Total 59 pemain yang terpaksa batal ikut Piala Eropa 2012 karena cedera. Jumlah ini adalah yang paling banyak sepanjang sejarah Piala Eropa.


Piala Henri Delaunay yang menjadi trofi untuk pemenang berharga 20 ribu euro atau sekitar Rp 237 juta. Tinggnyai 60 cm dan berat 8 kg.
#65bcdf

0 komentar on Fakta-Fakta Unik Piala Eropa 2012 :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif