Esemka Jalani Ritual Jamasan

[imagetag] http://images.detik.com/content/2012/02/23/1207/jamasan-in.jpg



Menjelang diberangkatkan ke Tangerang untuk dilakukan uji emisi, Esemka Rajawali terlebih dulu didoakan. Selain itu juga dilakukan ritual jamasan, yaitu penyiraman air yang telah didoakan ke badan mobil Esemka.

Ritual digelar di Solo Technopark (STP), Solo, Kamis (23/2/2012) malam. Dalam acara tersebut juga dilakukan doa yang dibacakan secara bergiliran oleh rohaniawan dari enam agama.

Selanjutnya dilakukan acara tradisional jamasan yang dipimpin oleh penari senior Wahyu Santoso Prabowo. Selanjutnya penyiraman air yang telah didoakan dilakukan bergiliran oleh Walikota Surakarta Joko Widodo, Wakil Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPRD Surakarta YF Sukasno, dan Sekda Surakarta Budi Suharto.

Menurut Hadi Rudyatmo, ritual itu digelar untuk memberikan doa agar perjalanan Esemka ke Jakarta besok lancar tanpa halangan dan bisa lolos uji emisi.

Sedangkan dalam sambutan singkatnya, Joko Widodo, memaparkan bahwa mobil pertama yang dimiliki orang Indonesia adalah di Solo pada tahun 1894, dimiliki raja Kraton Surakarta saat itu, Susuhunan Paku Buwono X.

Dia berharap momentum itu berulang kembali dengan keberadaan mobil Esemka sebagai mobil dengan prinsipal dan brand Indonesia pertama yang berhasil dirakit oleh siswa-siswa sekolah di Solo.

"Hak itu tidak didapatkan dari meminta-minta dan mengemis-ngemis. Kita mendapatkan hak itu dari perjuangan dan kerja keras," ujar Joko.



UNIC 24 Feb, 2012

0 komentar on Esemka Jalani Ritual Jamasan :

Posting Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif