Boneka Berbagai Negara Yang Telah Mengukir Sejarah !



Siapa sih tak tahu boneka? Semua orang pasti tahu dong, apa lagi perempuan. Ya, boneka memang identik dengan perempuan, karena boneka memang kerap digunakan oleh anak-anak perempuan untuk bermain. Tapi ternyata ada loh boneka yang tak hanya sebatas untuk dimainkan saja, tetapi juga bersejarah. Penasaran? Kita mulai dari negara sendiri ya…

1. Si Unyil (Indonesia)
.blogspot.com-Si+Unyil+(Indonesia) 
 Awalnya Si Unyil merupakan film seri televisi Indonesia yang pertama kali mengudara di stasiun TVRI pada tahun 1981. Film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar (yang lalu akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya bisa mencapai posisi Sekolah Menengah Pertama). Dengan karakter utama yang bernama Unyil, ia kerap melakukan berbagai petualangan bersama teman-temannya. Kata “Unyil” sendiri berasal dari kata “mungil”, yang berarti “kecil”.

2. Teddy Bear (USA)
.blogspot.com-teddy+bear 
 Teddy bear adalah sejenis boneka beruang untuk anak-anak. Namanya berasal dari Theodore Roosevelt, Presiden Amerika Serikat ke-26, yang nama panggilannya adalah “Teddy”.

Tahun 1902, Roosevelt memutuskan untuk menjelajahi daerah sengketa antara negara bagian Mississippi dan Louisiana, sekaligus berburu beruang hitam selama lima hari. Saat sedang berburu, dia melihat anak beruang. Namun dia malah melepaskannya. Ia tidak mau membunuh hanya untuk kesenangan semata.

Seorang pemilik toko permen yang mengetahui hal itu kemudian meminta istrinya untuk membuat sebuah boneka beruang dan mengirim surat kepada Roosevelt untuk meminta ijin memberikan nama boneka beruang tersebut dengan namanya, yakni “Teddy Bear”.

3. Hinamatsuri (Jepang)
.blogspot.com-Hinamatsuri+(Jepang) 
 Hina Matsuri adalah perayaan boneka yang dirayakan setiap tanggal 3 Maret (pas banget nih) di Jepang. Acara ini diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan harus memajang satu set boneka yang disebut “Hinaningyo” (boneka festival).

Satu set boneka Hinaningyo ini terdiri dari kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian.

Perayaan ini sering disebut sebagai Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan, karena dari sinilah awal mula permainan boneka di kalangan putri bangsawan Jepang yang disebut “Hiina Asobi” (bermain boneka puteri).

4. Matryoshka (Rusia)
.blogspot.com-Matryoshka+(Rusia) 
 Matryoshka adalah boneka khas Rusia yang dapat diisi dengan bentuk boneka-boneka yang lebih kecil. Nama matryoshka sendiri diambil dari nama “Matryona”, yang merupakan nama dari seorang wanita bertubuh gemuk. Oleh karena itu, bentuk boneka ini juga agak sedikit gemuk.

Model-model boneka matryoshka dapat bervariasi. Misalnya, bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng, sampai para pemimpin Soviet. Konon ide boneka ini berasal dari Jepang, yaitu boneka kayu klasik Shichi Fuku Jin (7 Dewa Keberuntungan) dan Fukurokuju (boneka lelaki lucu dengan kepala botak). Kemudian seorang pelukis asal Rusia bernama Sergei Maliutin meminta temannya, yang merupakan seorang pengrajin, untuk membuatkan dan kemudian dilukis oleh Sergei. Ketika di bawa ke Rusia malah tenar dan kini menjadi ikon Rusia.

Yang unik, lukisan pada boneka ini berisi cerita cerita berseri, mulai dari cerita klasik Russia, kepahlawanan Tsar Russia, dan bahkan tentang American’s Friends, seperti Osama Bin Laden yang kalau dibuka didalamnya ada Saddam Hussein, dibuka lagi ada Ahmadinejad, dan lain-lain.

5. Barbie (USA)
.blogspot.com-barbie+dolls 
 Boneka perempuan cantik dengan kaki panjang ini muncul sekitar tahun 1945 dari sebuah keluarga pecinta boneka. Keluarga ini terinspirasi dari putrinya yang suka memainkan boneka kertas. Lalu sang Ibu yang bernama Ruth Handler merasa kasian dengan anaknya, Barbara Handler yang selalu sedih ketika boneka kertasnya robek. Hal itu membuat sang ibu ingin menciptakan mainan baru yang tak mudah rusak, agar permainan anaknya bisa bertahan lama.

Maka dibuatlah sebuah boneka perempuan cantik dengan rambut pirang, mata biru, serta kaki dan lengan yang jenjang. Desain ini membuat boneka itu tampak ramping dan sempurna. Bentuk badan Barbie dipercaya sebagai bentuk badan idealnya kaum hawa dalam ukuran miniatur. Nama barbie sendiri diambil dari nama Barbara Handler, anak dari si pembuat Barbie. 

0 komentar on Boneka Berbagai Negara Yang Telah Mengukir Sejarah ! :

Poskan Komentar

http://2.bp.blogspot.com/-Aa6vWigfcQU/T8Ge4L3eVVI/AAAAAAAAAQ8/ZUmyEohYjRs/s1600/ads-160x600.gif